Resume Pertemuan 8
STRUKTUR ORGANISASI
Ø
Tujuan
Instruksional Khusus
Mahasiswa dapat menyatakan pendapatnya mengenai penyusunan struktur dan rancangan
organisasi yang efektif
Materi :
p Dsar-dasar struktur organisasi
p Rancangan organisasi
p Teori rancangan organisasi
Ø
Struktur Organisasi
•
Merupakan suatu pembagian, pengelompokan dan pengordinasian tugas-tugas
atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat
dicapai dengan efisien
•
Kerangka kerja organisasi dinamakan
sebagai Desain Organisasi.
•
Bentuk Spesifik
dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan Struktur Organisasi.
•
Stuktur Organisasi
pada dasarnya merupakan desain organisasi dimana manajer melakukan alokasi
sumber daya organisasi, terutama yang terkait dengan pembagian kerja dan sumber
daya yang dimiliki organisasi, serta bagaimana keseluruhan kerja tersebut dapat
dikordinasikan dan dikomunikasikan.
Ø
Tujuan Struktur Organisasi
•
Membagi pekerjaan
yg harus dilakukan ke sejumlah departemen
•
Membagi-bagi tugas
dan tanggung jawab yg berkaitan dengan masing-masing pekerjaan
•
Mengkoordinasikan
berbagai tugas organisasi
•
Membangun hubungan
antar individu, kelompok dan departemen
•
Menetapkan garis
wewenang
•
Mengalokasikan dan
menggunakan secara efektif sumber daya organisasi
Ø
Faktor-faktor yang
Memengaruhi Struktur Organisasi
•
Strategi Organisasi
Strategi akan menjelaskan
bagaimana aliran wewenang dan saluran komunikasi disusun diantara para manajer
dan bawahan.
•
Skala Organisasi
Besarnya organisasi
berpengaruh terhadap pembuatan struktur organisasi
•
Teknologi
Perbedaan teknologi yg
digunakan untuk memproduksi barang-barang atau jasa akan membedakan bentuk
struktur organisasi.
•
Lingkungan
Ø
Tipe
Departementalisasi
•
Berdasarkan Fungsional
•
Berdasarkan Geografis
•
Berdasarkan Produk
•
Berdasarkan Proses
•
Berdasarkan Pelanggan
Ø
Penentuan Relasi
antar bagian dalam Organisasi (Hierarchy)
•
Hierarcy adalah Proses
penentuan relasi antar bagian dalam organisasi, baik secara vertikal maupun
secara horisontal.
•
Terdapat 2 konsep
penting dalam Hierarcy, yaitu :
–
Rantai Komando
–
Rentang Kendali/rentang manajemen
•
Rantai Komando
Menunjukkan garis perintah
dalam sebuah organisasi dari hirarki yang paling tinggi misalnya hingga hirarki
yang paling rendah. Rentang Komando ini juga menjelaskan bagaimana batasan
kewenangan dibuat dan siapa dan bagian mana akan melapor ke bagian mana.
•
Rentang Kendali / Rentang
Manajemen
Terkait dengan jumlah
orang atau bagian di bawah suatu departemen yang akan bertanggung jawab kepada
manajer departemen atau bagian tertentu
Ø
Faktor-faktor
Rentang Kendali
•
Keahlian dan
kemampuan manajer
•
Karakteristik
Karyawan
•
Sifat pekerjaan
yang sedang dikerjakan
•
Kesamaan tugas
•
Kerumitan tugas
•
Standarisasi
pekerjaan yg ditetapkan
Ø
Rentang Kendali
•
Semakin besar
rentang kendali semakin efisien dari segi biaya tetapi mengurangi keefektifan
•
Hal tsb karena
kinerja karyawan menurun dan manajer tidak memiliki banyak waktu untuk
melakukan bimbingan dan dukungan yang diperlukan
•
Diperlukan
investasi untuk melatih karyawan agar kinerjanya tetap baik
Ø Faktor-faktor
faktor yang perlu dipertimbangkan da-lam penentuan luas rentang manajemen
adalah :
•
kesamaan
fungsi-fungsi : semakin
sejenis fungsi yang dilaksanakan oleh kelomplok kerja, rentang-an semakin
melebar.
•
kedekatan
geografis : semakin dekat
letak geogra-fis kelompok kerja,
rentangan semakin melebar.
•
tingkat pengawasan
langsung yang dibutuhkan : semakin sedikit pengawasan langsung yang dibu-tuhkan, rentangan semakin
melebar.
•
tingkat koordinasi
yang dibutuhkan : semakin
ber-kurang koordinasi yang dibutuhkan, rentangan se-makin melebar.
•
perencanaan yang
dibutuhkan : semakin sedikit
perencanaan yang dibutuhkan, rentangan semakin melebar.
•
faktor-faktor yang
berhubungan dengan situasi. Rentangan relatif melebar bila :
- pekerjaan bersifat rutin
- ketergantungan bawahan satu dg lainnya rendah
- prosedur dan metode baik dan telah diformalisasi
•
faktor-faktor yang
berhubungan dengan bawahan. Rentangan relatif melebar, bila :
- bawahan terlatih baik utk pekerjaan tertentu
- bawahan lebih senang bekerja tanpa pengawasan ketat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar