Senin, 19 September 2011

SIA pertemuan 2

Primary activity dalam value chain
1. inbound logistic
terdiri dari penerimaan, penyimpanan dan distribusi bahan - bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
2. operasi (operation)
adalah aktivitas - aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
3. outbound logistics
adalah aktivitas -aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
4. pemasaran dan penjualan
mengarah pada aktivitas - aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang dihasilakan organisasi.
5. pelayanan (service)
memberikan dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan contoh : pelayanan perbaikan dan perawatan.

Support activity
1. infrastruktur perusahaan
mengarah pada aktivitas -aktivitas akuntansi keuangan , hukum dan administrasi umum yang penting bagi sebuah organisasi untuk beroperasi . SIA adalah bagian dari infrastruktur.
2. sumber daya manusia
melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan perekrutan pengontrakan , pelatihan dan pemberian kompensasi dalam keuntungan bagi pegawai
3. teknologi
merupakan aktivitas yang meningkatkan produk dan jasa.
4. pembelian (purchasing)
termasuk seluruh aktifitas yang melibatakan perolehan bahan mentah, suplai, mesin dan bangunan yang digunakan untuk melaksanakan aktifitas utama.

SIA dapat menambah nilai bagi organisasi sebagai aktivitas pendukung SIA dapat memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu, agar  kelima aktivitas utama value chain dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien dengan  cara :
- memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilakan produk atau jasa.
- memperbaiki efisiensi.
- memperbaiki pengambilan keputusan
- berbagi pengetahuan.

> Sub sistem SIA
1. sistem pemrosesan transaksi (SPT)
2. sistem pelaporan buku besar / keuangan
3. sistem pelaporan manajemen.

> Sistem pemrosesan Transaksi
sistem pemrosesan transaksi merupakan seluruh fungsi sistem informasi dengan :
1. mengkonvensi peristiwa ekonomi ke transaksi keuangan.
2. mencatat transaksi keuangan dalam record akuntansi.
3. mendistribusikan informasi keuangan yang utama ke personal operasi untuk mendukung kegiatan operasi harian mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar